Sunday, May 15, 2011

AUDISI TYO

mau sedikit cerita,
1 april 2011, dengan nekat aku berangkat menuju Jakarta. bukan tanpa tujuan tapi dengan maksud untuk mengikuti audisi Twilite Youth Orchestra di Jakarta. berbekal kamampuan bermain cello yang pas-pasan, serta di temani oleh cello tua yang selalu ku bawa kmana-mana aku mencoba memberanikan diri.
bukan kesuksesan yang aku cari, melainkan pengalaman untuk masuk Orkes besar yang sesungguhnya ingin aku rasakan. yaaa... intinya hanya ingin tau, urusan keterima atau tidak itu urusan nanti :p

setibanya di jakarta aku mengurung diri di rumah hanya untuk latihan cello. bahan materi yang di gunakan memang tidak mudah oleh karena itu aku harus terus latihan sampai benar-benar bisa. bahan audisinya adalah; tangga nada mayor dan minor, memainkan lagu wajib yang sudah di kirimkan lewat email dan memainkan satu buah repertoar sonata, concerto, pieces atau karya lain yang setingkat dengan concerto.
bisa dibilang aku juga belum menguasai bahannya :p tapi ya sikaaaatttt!!! hahahaha

pada tgl 3 april 2011, audisi dimulai. lokasinya lumayan jauh karena berada di jakarta barat. aku datang ke lokasi paling pagi padahal giliranku adalah paling siang. aku sengaja datang duluan karena ingin latihan dan warming-up dulu. biaya pendaftarannya lumayan lahh sekitar Rp 50.000,- kemudian mengisi formulir dan menunggu giliran di panggil. untungnya aku datang lebih awal jadi bisa benar2 prepare lagu yang akan ku mainkan. tau kah kalian, ternyata pesertanya buanyak banget... mungkin bisa di bilang kalau pada waktu itu para pemain alat musik klasik Jakarta dan sekitarnya berkumpul dsana (lebayyy).

kebanyakan pesertanya adalah biola. cello untungya hanya dua orang (hehehe). di ruang transit (tempat para peserta berkumpul) sangat berisik karena mereka membunyikan alat musik mereka masing2 untuk latihan. aku sempat mendengar ada beberapa orang yang memainkan lagu kelas atas (high grade) dan itu cukup sulit dikuasai (makin minder aku). akhirnya ku putuskan keluar dari ruangan itu dan mencari tempat sepi untuk latihan. tempatnya adalah di dekat tangga darurat, sangat sepi dan akustiknya bagus :) dan aku bisa konsentrasi latihan dengan bahanku.

karena aku latihan di luar ruangan sesekali aku melihat para anggota senior dari TYO datang sambil membawa alat mereka yang terbungkus dengan hardcase yang bisa di bilang mahal :O dan itu membuatku semakin minder lagi... gawat klo saingannya seperti itu mana mungkin aku bisa lolos, tapi karena tujuan awalku ke jakarta untuk mencari pengalaman maka tidak lolos juga gpp :p

akhirnya giliranku hampir tiba. seorang peserta lain yang bermain cello sedang latihan dan aku sempat mendengarkan lagi yang akan dia mainkan, lumayan sulit tapi untungnya aku sudah pernah memainkan itu jadi aku tidak merasa ada persaingan antar sesama peserta cello :) Sonata Vivaldi No5 itu lah yang dia mainkan dan aku sangat suka dengan lagu itu.
giliran ku tiba, aku dipanggil untuk masuk ruangan, detak jantungku semakin tidab beraturan, dada sesak, dan mau pulang saja rasanya, tapi kakiku masih dengan yakin dan lantang berjalan menuju ruangan audisi. perasaan nerves terus semakin besar, apalgi setelah tau jurinya adalah maestro2 musik. sebelum masuk ku buat tanda salib dan langsung menuju ruangan audisi. di ruangan aku mengikuti semua instruksi yang diberikan. mainkan tangga nada G mayor 2 oktav! dalam hati aku tersenyum dan berkata amann.. hehehe..... lalu mainkan lagu wajib! nah lho! lagu wajib ini lumayan susah karena temponya yang VIVACE atau Cepat dan notnya pun rumit. untungnya sebelum datang ke jakarta di Jogja aku sudah privat oleh Mas Hasta jadi aku bisa dengan lancar memainkan lagu itu lengkap dengan posisi2nya hehehe.... ya, coba sekarang lagu concertonya! waduh... gawat yang namanya lagu concerto itu ndak ada yang mudah, seandainya ada yang mudah itu pun harus menuntut tonasi dan interpretasi yang oke. bahan ku adalah Pieces ARIOSO karya Bach. lagunya slow dan sangat anggun. cukup rumit karena memainkannya in C karena cello biasanya bermain dengan Key singnature F. belum selesai aku memainkan laguku ya kira2 baru 3 baris lah.. ehh.. sudah di stop oleh panitia. aku langsung takut, kupikir pasti karena aku ada salah atau jelak atau apalah. dan kemudian di katakan cukup dan di persilahkan keluar. ternyata tadi itu di stop memang untuk mempersingkat waktu. huuftt.... keluar ruangan dengan lega.....

langsung ku masukkan cello ke dalam softcase ku dan pulang kerumah. aku tidak berfikir apakah pasti lolos atau tidak yang kutau aku telah sukses memperoleh suatu pengalaman baru.

malamnya aku pulang menuju jogja karena besok seninnya aku masih ada kuliah.
beberapa hari setelah itu temanku mbak Yunda yang kemarin juga ikut audisi memberitahukanku kalau dia di terima. wah.. kok aku belum mendapat SMS pemberitahuan itu ya... semakin sedih dan agak kecewa tapi ya sudahlah..... sehari kemudian aku baru mendapatkan SMS itu dan isinya adalah "Selamat Yosef Adicita kamu diterima sebagai anggota Twillite Youth Orchestra..........." WOW! senang rasanya hasil latihanku tidak sia-sia. dan segera aku memberi tahukan kabar gembira ini ke orang tuaku dan ke mas hasta tentunya.
:)
sayangnya kedua orang tuaku seperti tidak mensuport kegemaranku di bidang musik, bagi mereka prestasi akademik adalah yang paling penting untuk masa depan jadi respon mereka ya biasa aja "asalkan itu tidak mengganggu kuliahmu itu boleh saja, kuliah harus yang utama" itu kira2 inti pembicaraan mereka.... bete... mereka ndak tau kalau aku susah payah banting tulang dan berusaha keras tiap hari latihan cello supaya mimpiku bisa bermain di orkes besar terwujud, tapi sayangnya mereka dari dulu tidak pernah senang aku main musik. nasib. dan sampai sekarang surat pernyataan dan berkas2 TYO belum juga di tandatangani orang tuaku, padahal tgl 22 mei besok adalah hari pertama latihan dan pengumpulan berkas terakhir atau dianggap mengundurkan diri.
agak berat sih.. aku kuliah di jogja dan tiap minggu haru ke jakarta untuk latihan orkes, capeknya kayak apa coba.... trus jelas itu pasti mengganggu kuliahku. di tambah Orkestra Gadjah Mada sedang naik daun dan sedang laris menerima banyak job dan aku juga terlibat disitu. serba salah jadinya.
mungkin gak sih kesempatan datang untuk keduakalinya? klo iya aku ingin cancel saja TYO dan ikut di kesempatan berikutnya klo aku sudah lulus kuliah.
pusing... mudah2an tuhan bisa baca blog ku ini dan mengabulkan mimpiku. amin :p

No comments:

Post a Comment