Tuesday, January 18, 2011

konser Natal ^^

hohoho.... konser natal kali ini menjadi moment paling joss buatku..
karena apa?
karena pada kali ini aku bener-bener menjadi orang repot.
repot panitia
repot mondar-mandir
repot latihan
repot ngurus partitur
repot ngatur jadwal krn latihannya pas dengan ujian smester
haisshh.. pokoknya repot.

jooss capeknya, jooss juga puasnya hahaha :D
ada pepatah mengatakan bahwa berakit kehulu, berenang-renang ketepian. yang artinya bersakit dahulu baru senang kemudian.
pepatah kali ini terbukti dalam pengalamanku kali ini. nih kuceritain....

format konser natal masih sama dengan tahun sebelumnya yaitu diadakan di gereja sebagai kegiatan penutup masa natal. penjualan tiket penonton dibuka untuk umum, jadi siapa saja boleh datang untuk menonton. biasanya dalam konser-konser sebelumnya aku hanya berposisi sebagai player/pemusik saja tanpa terlibat banyak dalam urusan persiapan sebelum konser.
yup kali ini saya sebagai perkap konser tahun ini hehehe.... bagian panitia yang satu ini memang tidak perlu banyak mikir karena haya dibutuhkan kemampuan fisik dan stamina yang oke dalam bekerja. lelah seakan menjadi keseharianku dalam menyiapkan konser ini jadi wajar klo kmarin selama latihan aku seperti orang yang habis lari maraton. hahaha....
oke .. sekarang hal terpenting yang kedua adalah.. aku sebagai principal Cello.
GAwaT!!! asal kalian tau, lagu yang dimainkan ada 18 repertoar. tiap lagupunya bagian solo cello dan notasi yang dibuat oleh sang arranger (mas yus) sangatlah susah. memang di UGM aku juga sebagai principal, tp ini beda di komunitas B01 grade-nya lebih tinggi dmana ada banyak teman-teman dari ISI, seni musik UNY, dan SMM yogya ikut bermain dsini.
konser-konser sebelumnya principal selalu di pegang oleh sang suhu mas Hasta. untuk skill dan kemampuan bermain beliau tidak usah dipertanyakan karena dia adalah salah satu cellis paling senior dan sudah tergabung dalam orkestra profesional. biasanya aku selalu merasa aman-aman saja klo mas hastayang jadi principalnya, tapi sekarang DUUEERR.... bahkan mas hasta pun tergusur harus duduk di belakangku.
alasan aku amjadi principal adalah karena mas hasta tidak bisa mengikuti latihan persiapan karena dia ada Job lain di jakarta, selain itu pemain cello yang lain dianggap belum bisa menjadi principal.
rasanya antara senang dan bingung. senang karena hasil latihanku selama ini membuahkan hasil, bingung karena kenapa harus aku ...

oke. resiko yang harus kuterima adalah aku harus memperbanyak latihan mandiri, rajin latihan bareng, dan bersedia mengajari teman lain yang belum bisa.
dalam sehari aku bisa duduk dengan cello selama 5 jam. amazing! mungkin itu rekorku dalam latihan hahaha
aku harus menguasai tiap-tiap not dengan baik, intonasi, tempo, dan iterpretasi lagu.
dalam konser natal ini yang menjadi musuh ku adalah lagu Farandole.
karena di arransemennya mas yus ada bagian dimana pricipal main solo dengan not dan tempo cepat. tiap hari  aku terus mengulang-ulang bagian itu, "sampai hafal sef" begitu ucap mas hasta saat mengajariku lagu ini.
sebenarnya lagu yang lainpun juga ada banyak not rumitnya tapi masih bisa ku atasi, jadi aku tinggal mengajari teman-teman yang lain.
konserpun dimulai. aku gugup setengah mati... gimana gak gugup bayangkan kali ini mas hasta duduk di belakang dan aku yang didepan dengan kata lain aku gak boleh salah...
"anggap seperti latihan sef" ucap mas hasta sebelum lampu dinyalakn dan kami siap bermain. ku tarik nafas dan jenggg...jengg.... nikmati lagunya dan kamu akan mengalir mengikuti cerita tiap-tiap not yang ada di partiturmu. :) indah.. cantik sekali...
sampaikan semuanya lewat cello.. itu yang kupikirkan saat itu. benar benar anggun.
meskipun ada beberapa kesalahan dalam membaca bowing, semuanya sukses!
samapai akhirnya tiba pada lagu penutup, Farandole...
menelan ludah, menggoyang-goyangkan kaki, merapihkan  lengan baju... terlihat klo aku benar-benar gugup.
dan dimulai. bagian solo kumainkan dengan lancar, tanpa salah, dan .. perfect!
akupun tidak menyangka, semua ,mengalir begitu saja, jari-jari ini seakan sudah tau kemana dia harus bergerak selanjutnya. :D
SENANG!!! meskipun belum bermain bagus 100% rasanya saya sudah sangat puas!
mas hasta kemudian menepuk pundakku dari belakang dan berkata "selamat sef, sukses jadi principal" WOOOOHOOO.... senangnya bisa diakui oleh orang lain...
pemain yang lain pun kurasa juga tidak menyangka kalau aku akhirnya bisa memainkan dengan sukses. hahaha... bahkan setelah konser ada yang mengira kalau akau anak seni musik ISI atau UNY, padahal bukan, aku anak UGM yang belajar cello secara mandiri :p wekekekek....
berharap setelah konser ini membuatku semakin semangat dan giat latihan. hasil latihanitu nyata.
meskipun sedikit perkembangan itu harus pasti ada.

pesan terakhirku sebelum mengakhiri tulisan ini "belajarlah dengan tekun, latihlah apa yang kamu ingin raih, buktikan dan tunjukanlah bahwa kamu juga bisa, jika kamu ingin dianggap maka tunjukanlah dirimu sehingga orang lain tau akan kemampuanmu dan tidak akan meremehkanmu lagi" berat memang dan itulah yang namanya perjuangan. tetap semangat! dan keep play your music!

No comments:

Post a Comment