Friday, July 16, 2010

pertama kali belajar cello


mau tau kapan aku mulai belajar main cello?
nih fotonya! liat kira2 itu umur berapa? hahaha
itu saat umurku 14 tahun. saat itu aku mengenyam pendidikan di seminari wacana bhakti. itu tahun pertama aku saat di asrama. pada awalmnya 3 bulan kami belum boleh menyentuh alat musik apapun, yg bisa kami lakukan hanya belajar teori musik, menyanyi, dan mempelajari karakteristik tiap alat.
dulu aku inigin sekali bisa memainkan biola, dan mualai berfikir untuk mengambil alatmusik biola natinya. tapi setelah tiap2 pengajar mendemonstrasikan alatmusiknya masing2 kok tiba2 aku langsung kepingin main cello.
memang bentuknya ndak sepopuler biola tapi suaranya itu lho... seakan suaranya yang memanggilkun langsung untuk memainkannya. suara cello berkarakter romantis dengan nada medium bass. jadi dia bisa main nada tinggi seperti biola maupun main nada rendah seperti double bass.
langsung deh.. aku adalah peserta pertama yang mendaftarkan diri bermain cello (pertamax gannn!!!) hahay. akhirnya, setelah 3 bulan kami diberikan tanggung jawab untuk merawat alat musik kami masing2 (maklum waktu itu semua alat punya seminari). latihan pertama pun dimulai. ku kira kami akan langsung latihan baca not, ternyata tidak. aku dan temanku obet harus latihan cara duduk, memegang cello, dan memegang bow cello selama kurang lebih 3 minggu. setelah posisi tubuh kami terbiasa dan benar kami baru di ajari stem. iya menyetel tiap2 senar pada cello itu tidak mudah. butuh latihan 2 bulan. itupun sampai sekarang aku masih latihan tuning atau stem. barulah setelah latihan dasar dan pengenalan bagian2 cello kami berlatih baca not, tangga nada, dan etude lagu2 sederhana. nah untuk mengabadikan peristiwa ini saya sengaja meminta bantuan teman dari gonzaga namanya wita(dia pemain cello juga) untuk memfoto aku dan obet saat latihan. hahaha... terlihat lucu ya..
lihat deh betapa kakunya kami memegang cello saat itu. klo melihat foto ini aku langsng kangen cello ku yang lama, kangen duet bareng obet dan wita, kangen di privat sama kakak kelas, kangen diomelin bu Ervy krn fales. hahaha.. thx all berkat kalian aku bisa seperti sekarang.

Nb: sampai sekarang aku masih tetap latihan dasar lho karena basic(dasar) harus kuat, baru bisa memainkan lagu yang ekspert.

No comments:

Post a Comment